nusakini.com - Internasional - Pihak Gedung Putih pada hari Selasa (13/7) mengumumkan ibu negara Jill Biden akan memimpin delegasi resmi Amerika Serikat di Olimpiade Tokyo tanpa Presiden Joe Biden pada tanggal 23 Juli.

Berita mengenai perjalanan ini hadir beberapa hari setelah pihak penyelenggara Olimpiade Tokyo memutuskan untuk mengadakan pertandingan tanpa penonton. Tokyo dan Jepang sedang mengalami lonjakan kasus yang tinggi sehingga pemerintah Jepang mendeklarasikan keadaan darurat di Tokyo dan daerah sekelilingnya.

Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan kepada wartawan bahwa tim dari AS sudah mengunjungi Tokyo untuk melihat apakah ibu negara Jill Biden bisa menghadiri pembukaan Olimpiade. Minggu lalu, ia mengatakan walaupun peningkatan kasus virus corona cukup tajam, presiden tetap mendukung pengiriman atlet AS ke Tokyo untuk bertanding.

Perjalanan ini akan menjadi perjalanan internasional sendiri pertama bagi Jill Biden sejak suaminya menjabat sebagai presiden. Sebelumnya ia telah mendampingi presiden dalam perjalanan ke Inggris untuk pertemuan pemimpin G-7. Ia juga sibuk dengan perjalanan domestik dalam beberapa bulan terakhir sebagai bagian usaha pemerintah untuk mendorong vaksinasi.